Mari berkarier bersama buah hati anda!!

Cari Blog Ini

Selasa, 04 Februari 2014

Estetika Tari Nusantara

Pernah dengar istilah Tari Nusantara?? Tari yang seperti apa ya?? Tetapi kalau tari disco, dansa dan sejenisnya yang berasal dari Negeri Barat pasti tahu!. Atau juga dengan goyang itik, goyang inul atau goyang oplosan?? Pasti sudah tahu, bahkan hafal. Namun dengan istilah Tari Nusantara, maukah kebanyakan orang tahu?? Jika dikaji ulang, hal yang menakjubkan akan seringkali kita temukan dalam sebuah Tarian Nusantara. Karena dalam sebuah Tari Nusantara ada estetikanya yang dapat dijadikan cirri khusus pula bisa menambah ke-elegan-annya.
Kata ‘Tari’ merupakan gerak tubuh sebagai sebuah ungkapan perasaan, maksud fikiran, sebuah komunikasi dalam gerak yang menggunakan irama tertentu dengan memakai paket keserasian serta keseimbangan secara menyeluruh. Sedangkan kata ‘Nusantara’ diartikan sebagai keseluruhan daerah yang ada diwilayah Republik Indonesia. Sehingga ‘Tari Nusantara’ adalah sebuah rangkaian gerak estetis tubuh dengan rangkaian tempo dan musiknya yang serasi, sebagai ungkapan perasaan, maksud tujuan, fikiran dan adat dari daerah-daerah diwilayah Negara Republik Indonesia . Tari Nusantara ini memiliki ciri khas yang menjadi pembeda utama dari tari lainnya. Dia memiliki seperangkat alat, seperti kostum, property, latar dan gerakannya yang sangat berbeda dengan jenis tari lainnya. Dia membawa kesan dan pesan khusus dari sebuah daerah kepada para penontonnya. Perbedaan ciri khasnya sangat beragam. Bahkan antara tari nusantara dari satu daerah dengan daerah lainnya pun memiliki tingkat kesulitan gerak, ciri kostum, property, latar dan pesan yang berbeda. Terkadang, didalamnya tersirat sebuah pesan yang diunggulkan dan diungkapkan dengan cara yang berbeda pula.

Karena itulah, melihat sebuah tarian nusantara tersebut serasa melihat rentetan gambaran sebuah daerah beserta pola pesan khusus yang dimiliknya. Sehingga memiliki nilai seni dan keindahan yang kompleks tetapi menyatu membentuk sebuah simfoni yang utuh. Disitulah tingkat estetika yang bisa dikatakan bernilai tinggi. Dan tentunya, hanya bisa dinikmati oleh seseorang yang memiliki nilai seni pula. Selain itu, dengan mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud estetika tari nusantara, akan menambah rasa persatuan kita dan nasionalisme terhadap Negara Indonesia dan ikut serta dalam upaya melestarikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...