Mari berkarier bersama buah hati anda!!

Cari Blog Ini

Senin, 01 Juli 2013

METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Selain sebuah pendekatan, ada yang lain lho yang harus difahami oleh pengajar, khususnya pengajar Bahasa Arab. Yaitu sebuah metode pembelajarannya.

Berikut ini sebuah pengetahuan mengenai 'Metode Pembelajaran Bahasa Arab' selengkapnya.


Metode merupakan segala yang berkaitan dengan penyajian sebuah proses pembelajaran, mulai dari pemilihan, penyusunan hingga pada praktik, caranya, serta sarana yang digunakannya. Dalam memilih sebuah metode, ada beberapa hal yang perlu digaris bawahi terlebih dahulu sebelum menentukan jenis metode apa yang akan dipilih.
  1. Metode harus sesusai dengan karakter siswa, tingkat perkembangan akal, serta kondisi sosial mereka.
  2. Menggunakan kaidah umum penyampaian. Seperti dari yang mudah ke yang sulit, dari sederhana ke yang rumit, dari yang jelas ke yang butuh interpretasi, dari yang konkret ke yang astrak.
  3. Metode harus sesuai dengan perbedaan kemampuan siswa.
  4. Metode bisa membangun  dan menciptakan suasana yang kondusif sepanjang proses pemmbelajaran berlangsung.
  5. Bisa menumbuhkan daya konsentrasi, jiwa kreatif, dan motivasi siswa.
  6. Metode yang digunakan bisa menjadikan pembelajaran sesuatu hal yang sangat menyenangkan bagi siswa.
  7. Metode harus terdapat dasar-dasar pembelajaran, seperti reward, sanksi dan latihan.
Macam-macam metode pembelajaran Bahasa Arab yang telah berkembang:
·         THORIQOH NAHWU WA TARJAMAH
Yaitu sebuah metode yang banyak menerapkan  kepada tata bahasa dan terjemahan bahasa asal ke dalam bahasa sasaran. Metode ini memiliki beberapa kelebihan, seperti dapat digunakan pada kelas-kelas besar atau klasikal, sesuai untuk semua tingkatan linguistik siswa, dan tidak  terlalu butuh pengajar yang fasih.
Namun juga memiliki kekurangan, seperti lebih membutuhkan pengajar yang terlatih dibidang linguistik, serta tidak bisa digunakan untuk siswa tuna  aksara.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     THORIQAH MUBASYAROH
Intinya kepada praktik langsung dengan menggunakan berbagai alat media yang langsung menggunakan bahasa arab pula. Kelebihan metode ini terlatak pada efektifitasnya dalam mempersiapkan pengetahuan bahasa bagi uajaran dalam konteks, sesuai untuk segala tingkatan linguistik siswa, serta terdapat hasil konkrit berupa penampilan atau pajangan yang diperoleh secara spontanitas.
·         THORIQOH SAM’IYAH SYAFAWIYAH
Seringkali disebut dengan ‘Audio-Visual Method’, yaitu metode pengajaran melalui praktik visual dan audio yang digabungkan. Sehingga dengan cara ini semua organ panca indera berfungsi menangkap materi yang diajarkan.
·         THORIQOH QIRO’AH
Juga disebut dengan ‘Reading Method’, yaitu sebuah metode pengajaran yang focus pada isi kandungan sebuah bacaan. Dengan cara membacanya sehingga siswa dapat tahu berbagai isi yang terkandung serta tata bahasa yang ada dalam bacaan.
·         THORIQOH MA’RIFIYAH
Terdapat beberapa istilah pada metode ini. Seperti ‘Cognitive Code’, ‘Cognitive Theory’, ‘Cognitive Approaches’. Yaitu sebuah metode pengajaran yang lebih mengarah pada pendekatan kognitif siswa, meletakkan penekanan pada pemerolehan sadar berbahasa sebagai suatu system makna dan berupaya mencari sebuah dasar dalam kognitif psikologi dan tata bahasa transformasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...